Berbicara Tentang karya pastoral di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari seorang tokoh sekaligus pendiri Institut Pastoral Indonesia (IPI), yaitu Romo Prof.Dr.Paul Janssen, CM yang akarb dipanggil Romo Janssen. Dan untuk itu pada Tanggal 18-19 Juli 2020 STP IPI Malang mengadakan satu acara yang dikemas dalam bentuk sarasehan selama 2 hari, yang dimana dalam sarasehan ini mengambil tema atau judul KONSEP PASTORAL MENURUT ROMO JANSSEN,CM.

Pekerjaan Pastoral yang dikembangkan oleh Romo Janssen ini didasarkan atas Gambaran-Gambaran yang ideal sebagaimana disampaikan oleh Nabi Yehezkiel 34, Mazmur 23 dan terutama Yoh.10 yang menggambarkan bagaimana sosok gembala yang ideal . Disamping dilandaskan pada Kitab Suci. Pekerjaan Pastoral yang dikembangkan oleh Romo Janssen juga didasarkan atas Konstitusi Pastoral Gaudium Et Spes.

Konsep dan Karya pastoral yang diinisiasi oleh Romo Janssen ini telah diwariskan kepada ALMA, IPI, dan Bhakti Luhur terutama para sesepuh dan senior yang telah mengabdikan seluruh hidupnya di ALMA, IPI, dan Bhakti Luhur. Konsep dan karya pastoral ini perlu diteruskan atau diwariskan kepada generasi penerus yang terpanggil untuk mengambil bagian didalammnya.

Tujuan Umum Acara Sarasehan Konsep Pastoral Menurut Romo Janssen, CM adalah Sarasehan ini bertujuan untuk menyalakan kembali Konsep dan Implementasi Pastoral sebagai Pekerjaan Pastoral menurut Romo Paul Janssen,CM dilingkungan internal STP-IPI Malang selaku Lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan Katholik yang menghasilkan katekis, pendidik agama Katholik, dan pelayanan pastoral, dengan dukungan dari ALMA dan Bhakti Luhur.

Dan Tujuan Khusus Dari Sarasehan Konsep Menurut Romo Janssen,CM adalah setelah mengikuti sarasehan ini diharapkan peserta memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai Konsep Pastoral menurut Romo Paul Janssen, CM.

  1. Pastoral bukan pertama-tama sebagai ilmu teologi praktis, tetapi sebagai Pekerjaan Pastoral yang melibatkan seluruh komponen umat Allah untuk mewujudkan Injil ditengah-tengah masyarakat.
  2. Usaha untuk mengembangkan Pekerjaan Pastoral melalui Tujuh Teknik dan Sepuluh Metodik untuk mewujudkan Pekerjaan Pastoral.
  3. Mengembangkan Pekerjaan Pastoral Paroki melalui¬† ” Pastoral Umat”.

Sarasehan dalam rangka Hari Studi STP-IPI Malang Tahun 2020, Menghadirkan Narasumber :

  1. Dr.Aloma Sarumaha,M.A.,M.Si
  2. Ibu Cicilia Suratmi, ALMA
  3. Drs.Paulus Mudjijo,M.Th
  4. Drs.Yohanes Sukendar,M.Th
  5. Drs.Intansakti Pius X,M.Th
  6. Ibu Yudith Reme, ALMA